Definisi dan Pengertian DoDAF

DoDAF (Department of Defense Architecture Framework) adalah arsitektur kerangka untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang menyediakan visualisasi infrastruktur untuk pemegang peran tertentu melalui sudut pandang yang diselenggarakan oleh berbagai pandangan. Pandangan ini untuk memvisualisasikan, pemahaman dan mencangkup asimilasi luas dan kompleksitas deskripsi arsitektur melalui tabel, struktural, perilaku, ontologis, bergambar, temporal, grafis, probabilitas, atau alternatif konseptual. DoDAF mendefinisikan bagaimana mengatur spesifikasi perusahaan arsitektur untuk aplikasi Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Kerangka arsitektur ini sangat cocok untuk sistem yang besar dengan integrasi kompleks dan tantangan interoperabilitas, dan unik dalam penggunaannya pemandangan “operasional”. Pandangan ini menawarkan Ikhtisar dan rincian yang ditujukan kepada para pemangku kepentingan tertentu dalam domain mereka dan dalam interaksi dengan domain lainnya di mana sistem akan beroperasi.

DoDAF menyediakan kerangka dasar untuk mengembangkan dan mewakili deskripsi arsitektur yang memastikan sebuah common denominator untuk memahami, membandingkan, dan mengintegrasikan arsitektur melintasi batas-batas organisasi, sendi dan multinasional. Ini menetapkan data elemen definisi, aturan, dan hubungan dan dasar mengatur produk untuk konsisten pengembangan sistem, terintegrasi, atau Federasi arsitektur. Deskripsi arsitektur ini mungkin Families of Systems (FoS), Systems of Systems (SoS), dan net-sentris kemampuan untuk interoperasi dan berinteraksi dalam lingkungan non-combat

Semua senjata besar US DoD dan akuisisi sistem teknologi informasi yang diperlukan untuk mengembangkan dan dokumen perusahaan arsitektur (EA) menggunakan pemandangan yang ditentukan dalam DoDAF. Sementara itu terlihat jelas pada sistem militer, DoDAF memiliki luas penerapan di sektor swasta, publik dan sukarela di seluruh dunia, dan merupakan salah satu dari sejumlah besar sistem kerangka Arsitektur

Baca juga :  Kelebihan dan kelemahan PHP

Sejarah dan Evolusi DoDAF

Versi pertama dari pengembangan DoDAF dibangun pada 1990-an di bawah nama C4ISR Arsitektur Frameworks. Dalam periode yang sama referensi model TAFIM, yang dimulai pada tahun 1986, ini dikembangkan lebih lanjut. C4ISR Arsitektur Framworks v1.0 yang pertama, yang dirilis 7 Juni 1996 diciptakan dalam menanggapi bagian dari UU Clinger-Cohen. Itu ditujukan direktif Wakil Menteri Pertahanan 1995 mengupayakan DoD lebar yang dapat dilakukan untuk menentukan dan mengembangkan sarana lebih baik dan proses untuk memastikan bahwa kemampuan C4ISR yang dioperasikan dan memenuhi kebutuhan warfighter. Upaya pengembangan terus menghasilkan pada Desember 1997 versi kedua C4ISR Arsitektur Framworks v2.0.

Pada bulan Agustus 2003 DoDAF v1.0 dirilis, yang direstrukturisasi v2.0 kerangka C4ISR menawarkan panduan, Deskripsi produk dan informasi tambahan dalam dua volume dan buku meja. Ini memperluas penerapan prinsip-prinsip arsitektur dan praktek-praktek untuk semua misi area daripada hanya C4ISR masyarakat. Dokumen ini membahas penggunaan, terintegrasi arsitektur, DoD dan kebijakan Federal, nilai arsitektur, arsitektur tindakan, DoD proses dukungan keputusan, teknik-teknik pengembangan, teknik analisis dan CADM v1.01, dan bergerak ke arah pendekatan berbasis repositori dengan menempatkan penekanan pada arsitektur elemen data yang terdiri dari produk arsitektur. Pada bulan Februari 2004 dokumentasi versi 1.0 dirilis pada volume “I: definisi dan pedoman”, “II: Deskripsi Produk” dan “Deskbook”. Pada bulan April 2007 versi 1.5 dirilis dengan dokumentasi “Definisi dan panduan”, “Deskripsi Produk” dan ” Deskripsi Arsitektur Data”.

Baca juga :  TOGAF - Arsitektur Framework

Pada 28 Mei 2009 DoDAF v2.0 telah disetujui oleh Departemen Pertahanan. Versi saat ini adalah DoDAF 2,02 DoDAF V2.0 diterbitkan di website publik.

Kerangka turunan lain berdasarkan DoDAF termasuk NATO Arsitektur Frameworks (NAF) dan Ministry of Defence Architecture Framework. Seperti pendekatan EA lainnya, misalnya The Open Group Architecture Framework (TOGAF), DoDAF diatur di sekitar repositori bersama untuk menahan kerja produk. Repositori didefinisikan oleh skema database umum inti arsitektur Data Model 2.0 dan DoD Architecture Registry System (DARS). Fitur utama dari DoDAF adalah interoperabilitas, yang diselenggarakan sebagai serangkaian tingkat, disebut Levels of Information System Interoperability (LISI). Mengembangkan sistem harus tidak hanya memenuhi internal data kebutuhan, tetapi juga orang-orang dari kerangka operasional yang sudah diatur. (en.wikipedia.org/wiki/Department_of_Defense_Architecture_Framework)

Tujuan DoDAF

Tujuan DoDAF adalah untuk menentukan konsep dan model-model yang dapat digunakan dalam enam DoDAF proses inti, yaitu:

  1. Joint Capabilities Integration and Development (JCIDS)
  2. Planning, Programming, Budgeting, and Execution (PPBE)
  3. Defense Acquisition System (DAS)
  4. Systems Engineering (SE)
  5. Operational Planning (OPLAN)
  6. Capability Portfolio Management (CPM)

Tujuan spesifik DoDAF 2.0 adalah seperti berikut:

  1. Menetapkan pedoman untuk arsitektur konten sebagai fungsi dari tujuan
  2. Utilitas peningkatan efektivitas arsitektur melalui sebuah data model-Model Meta DoDAF (DM2), sehingga arsitektur yang dapat diintegrasikan, dianalisis dan dievaluasi untuk lebih presisi.
Baca juga :  10 Fase ADM (TOGAF Framework)

 

Kemampuan dan Misi

DoD telah pindah ke arah fokus pengiriman kemampuan, yang adalah alasan untuk menciptakan sistem/Jasa. Kemampuan model menggambarkan kemampuan taksonomi dan kemampuan evolusi. Thread kemampuan akan menyamakan untuk kegiatan khusus, aturan, dan sistem yang dikaitkan dengan kemampuan tertentu itu.

  1. Konsep kemampuan, seperti yang didefinisikan oleh kelompok Data Meta-model yang memungkinkan seseorang untuk menjawab pertanyaan seperti:
  2. Bagaimana kemampuan tertentu atau kemampuan mendukung keseluruhan visi dan misi?
  3. Apa hasil yang diharapkan untuk dicapai oleh kemampuan tertentu atau serangkaian kemampuan?
  4. Layanan apa dibutuhkan untuk mendukung kemampuan?
  5. Apakah ruang lingkup fungsional dan organisasi rentang kemampuan atau seperangkat kemampuan?
  6. Apa itu set kemampuan yang kami mengelola sebagai bagian dari portofolio kami saat ini?

Sebuah misi atau Course of Action digambarkan oleh konsep dari operasi atau Concept of Operations (CONOPS), dan diselenggarakan oleh kemampuan. Kemampuan dijelaskan oleh benang. Thread yang digambarkan oleh kegiatan yang dijalankan dalam serial atau paralel. Kegiatan dikelompokkan ke dalam wilayah misi. Kegiatan mendefinisikan operasi untuk arsitektur. Arsitektur yang diselenggarakan oleh misi. Arsitektur menyediakan sumber daya yang tepat dari kemampuan yang diperlukan oleh misi atau Course of Action.

Materi ini masih dalam perbaikan dan revisi, mohon maaf apabila ketidak jelasan dalam penyampaian materi.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment