HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Pada HTML dipergunakan hypertext link atau hubungan antara teks dan dokumen lain. Dengan demikian pembaca dokumen bisa melompat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dengan mudah.

Sintak HTML:

 

 

XML

 

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

 

Seperti halnya HTML, XML juga menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>’), tag penutup(diawali dengan ‘</ ‘diakhiri ‘>’) dan atribut elemen(parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>).

 

Kelebihan lain yang dimiliki XML adalah bahwa informasi bisa di pertukarkan dari satu system ke system lain yang berbeda platform. Misalnya dari Windows ke Unix, atau dari PC ke Machintosh bahkan dari internet ke handphone dengan teknologi WAP.

 

Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML bisa menggunakan tag dan atribut sesuai dengan keinginan.

 

 

Baca juga :  Pemrograman Java Mengolah dan Menentukan Nilai

Sama dengan HTML, File XML berbentuk teks sehingga bila diperlukan kita bisa membacanya tanpa memerlukan bantuan software khusus. Hal ini memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML untuk mendebug programnya. XML lebih fleksible dibanding HTML dalam hal kemampuannya menyimpan informasi dan data. Pada XML kita bisa menyimpan data baik dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.

PHP

PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis.

PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft,ColdFusion Macromedia,JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Dari pemrograman PHP ini tentu memerlukan database untuk menampilkan beberapa data. Database sendiri pada hakikatnya adalah kumpulan dari banyak tabel.

Pemrograman PHP sangat berhubungan dengan pengolahan database, beberapa hal yang juga harus dipahami seperti SQL dan MySQL.

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa Database Standar yang digunakan pada saat ini. Dengan Query, kita bisa melakukan operasi pada database. misal, membuat tabel, mengubah tabel, menghapus, memasukan data, membuat relasi antar tabel dan sebagainnya.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user. MySQL merupakan program data base yang dibutuhkan oleh PHP, di mana file web yang akan ditampilkan seperti data pengunjung dan data web anda akan disimpan pada database.

CSS

CSS (Cascading Style Sheet) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS dibuat oleh World Wide Web Consortium (W3C). CSS bukan merupakan bahasa pemograman. Kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML.

Baca juga :  Kelebihan dan kelemahan PHP

Singkatnya dengan CSS anda dapat merubah font, warna background serta besar kecilnya huruf atau fon dll dari halaman Web atau HTML.

 

Inline Style Sheet

 

Embedded Style Sheet

 

 

Baca juga :  Pemrograman PHP Upload Image (Rename)

embded

(Gambar 2 : Hasil Run pada Browser)

 

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis java yang merupakan interface pembantu dalam pemrograman web. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha.

 

ekstensi

(Gambar 3 : File dan ekstensinya)

 

Hubungan HTML, CSS, Java Script dan PHP:

Hubungan CSS dan HTML:

Jika menggabungkan program CSS dan HTML, sebuah file harus berektensi HTML (.html). Karena CSS dapat masuk ke dalam file HTML. Peranan CSS di dalam file HTML adalah untuk membuat dan memanggil tampilan seperti warna font, warna background, ukuran fornt, tat letak dan lainya.

Hubungan Java Script dan HTML:

Jika menggabungkan program Java Script dan HTML, sebuah file harus berekstensi HTML (.html). Karena Java Script bisa membuat tampilan HTML lebih menarik. Contohnya membuat slider (gambar yang bergerak dan berganti-ganti, membuat DatePicker atau input tanggal dengan gambar Kalender dan bisa memilih tanggal yang akan dimasukkan, dan membuat peringatan misalnya data yang dimasukkan “benar atau salah” sesuai dengan sayarat yang dibuat.

Hubungan HTML dan PHP:

Jika menggabungkan program HTML dan PHP, sebuah file harus berekstensi PHP (.php). Karena HTML dapat masuk ke dalam file PHP. Peranan HTML di dalam file PHP adalah untuk membuat tampilan yang berstruktur seperti program HTML yang mempunyai Kepala (head, title), dan Isi/tubuh web (body).

file php inside

 

CATATAN:

File PHP (.php) di dalamnya dapat memuat HTML, CSS, Java Script, dan PHP itu sendiri.

 

Source : wikipedia.org dan myusro.info

0 CommentsClose Comments

Leave a comment