Perulangan adalah melakukan perintah yang ada di dalam blok perulangan tersebut secara berulang – ulang sesuai dengan nilai yang ditentukan atau sampai mencapai sebuah batas tertentu dari sebuah perulangan tersebut.

 

Perulangan For

For adalah perulangan yang jumlah perulangannya sudah ditentukan sebelumnya.

Komponen pada perulangan For:

  1. Variabel Pencacah

Variabel ini digunakan untuk mengontrol jumlah perulangan yang dikerjakan. Setiap kali perulangan dikerjakan maka nilai variabel ini akan selalu berubah. Nilai dalam variabel dapat berubah semakin besar (increment) atau semakin kecil (decrement).

  1. Perulangan bersyarat

Persyaratan yang digunakan agar perulangan dikerjakan. Syarat ini bisa berdasarkan nilai dalam variabel penghitung atau variable yang telah dideklarasikan sebelumnya menggunakan operator relasional.

  1. Perubah variabel pencacah

Statement perubah variabel pencacah merubah nilai dalam variabel pencacah selama perulangan terjadi. Perubahan nilai dapat semakin besar atau semakin kecil.

While

Perulangan while bekerja dengan cara apa bila kondisi while itu terpenuhi atau bernilai true maka perulangan tersebut akan terus dilakukan hingga bernilai false.

 

Do-While

Do-while seperti while tetapi jika do-while minimal melakukan satu kali pekerjaan yang ada di dalam blok do-while tersebut. do-while akan mengulang terus sampai while bernilai false

Pada pemrograman dibawah ini ada dua type yaitu data atau jumlah bintang sudah ditentukan, dan yang kedua adalah user melakukan input data sesuai jumlah bintang yang ditampilkan.

Program menampilkan 5 bintang (ditentukan jumlah = 5)

Jika program di atas di run maka hasilnya seperti berikut:

Baca juga :  Pemrograman Web HTML

a

 

Program input jumlah bintang (misal jumlah = 8)

Jika program di atas di run maka hasilnya seperti berikut:

Baca juga :  Run Project Aplikasi dari Eclipse ke Smartphone Android

b

 

Program input jumlah bintang bersyarat (Misal input 1 – 10)

 

0 CommentsClose Comments

Leave a comment