Suatu perusahaan tentu memiliki jabatan eksekutif untuk menjalankan tugas dan visi perusahaan itu sendiri. Namun, di beberapa negara mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri pemimpin tertinggi dalam perusahaan disebut Direktur Utama (Dirut) atau Presiden Direktur (Presdir) sedangkan di Amerika Serikat lebih dikenal dengan sebutan CEO/Pejabat eksekutif tertinggi. Bisa diartikan CEO/ jabatan tertinggi ini adalah jenjang tertinggi dalam perusahaan (eksekutif) atau administrator yang diberi tanggung jawab untuk mengatur keseluruhan suatu organisasi. Dari jajaran teratas biasa kita sebut CEO dibantu oleh jajaran di bawahnya termasuk COO, CMO, CFO, CTO, CSO, CCO, dan CKO.

  1. CEO (Chief Executive Officer)

Dalam direksi jajaran perusahaan dibutuhkan seorang pemimpin atau lebih dikenal dengan sebutan Direktur Utama. Tugas dari CEO ini adalah memimpin dan bertanggung jawab terhadap jalanya suatu projek dalam perusahaan. CEO diangkat oleh dewan komisaris, umumnya mempunyai siklus jabatan. Periode dalam memimpin biasanya dalam kurun waktu beberapa tahun tergantung kebijakan perusahaan.

Dalam memimpin, tugas seorang CEO juga dibantu oleh jajaran direksi di bawahnya seperti Wakil Direktur. Wakil Direktur pun tidak hanya satu, ada banyak tergantung posisi yang dibutuhkan, ada yang disebut CMO, CFO, COO, bahkan CTO.

  1. COO (Chief Operating Officer)
Baca juga :  Pemrograman Web HTML

Tugas dari seorang COO ini adalah memimpin divisi operasional internal perusahaan. Peran dari COO bermacam-macam tergabtung pada projek perusahaan misalnya dalam bidang manufaktur bertanggung jawab atas lancarnya kegiatan produksi dan produktifitas karyawan-karyawannya. Sedang COO dalam perusahaan distribusi retail biasa menangani lancarnya ketersediaan barang dagangan dan kegiatan internal perusahaan di dalamnya.

  1. CMO (Chief Marketing Officer)

Tugas dari CMO ini adalah menangani pemasaran suatu pemasaran, beberapa perusahaan juga sering menyebutnya sebagai Direktur Marketing. Selain itu CMO juga mempunyai tugas membantu CEO dalam memimpin perusahaan dari sisi penjualan dan akuisisi customer. Dapat dikatakan Bertanggung jawab dalam pemasangan iklan, penguatan brand, melakukan konversi ke penjualan, membuat tim sales, menampung pendapat dan saran dari pelanggan.

  1. CFO (Chief Financial Officer)

Sesuai dengan namanya Financial yang berarti keuangan atau finance, tugas dari CFO ini mengurusi keuangan atau finance. Selain itu berperan juga dalam hal pengadaan pendanaan, pembelanjaan, pembentukan anggaran, dan pembuatan laporan keuangan dalam perusahaan,  misalnya bertanggung jawab atas terjadinya proses investasi oleh investor atau pinjaman dari pihak ketiga semacam Bank. CFO pun bertanggung jawab atas pembelanjaan dan pengadaan barang serta aset perusahaan.

  1. CTO (Chief Technology Officer)
Baca juga :  Kelebihan dan Kelemahan Javascript

Pada zaman perkembangan teknologi internet dan aplikasi Cloud seperti saat ini CTO mungkin sangat diperlukan dalam menunjang jalanya suatu projek karena seorang CTO bertanggung jawab penuh atas segala kegiatan teknologi dan informasi yang ada di dalam perusahaan. Hasil kerja dari CTO ini mungkin bisa dilihat dari produk internet dan aplikasi. Hal ini sangat penting dalam dalam proses manajemen Perusahaan yang terintegrasi, yang mengolah beberapa unit atau cabang dari perusahaan yang dikelolanya. (Sumber referensi: Wikipedia dan kotakterbang.com)

  1. CSO (Chief Security Officer)

Tugas dari seorang CSO adalah bertanggung jawab atas sistem bisnis dan keamanan komunikasi perusahaan. Selain itu CSO juga pemimpin bisnis yang bertanggung jawab untuk pengembangan, implementasi dan manajemen organisasi keamanan perusahaan visi, strategi dan program. Mereka melakukan identifikasi, mengembangkan, menerapkan dan menjaga proses keamanan di seluruh organisasi untuk mengurangi risiko, menanggapi insiden, dan membatasi eksposur tanggung jawab dalam semua bidang keuangan, fisik, dan resiko pribadi.

Baca juga :  DoDAF Arsitektur Framework

 

  1. CCO (Chief Compliance Officer)

Tugas dari seorang CCO adalah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan dan karyawan telah sesuai dengan kebijakan internal perusahaan dan peraturan pemerintah yang berlaku.

  1. CKO (Chief Knowledge Officer)

Tugas dari seorang CKO bertanggung jawab untuk manajemen pengetahuan organisasi. Tugas terpenting yaitu memastikan keuntungan perusahaan dari penggunaan sumber daya pengetahuan yang efektif. Investasi dalam pengetahuan termasuk karyawan, proses dan intelektual, CKO dapat membantu organisasi memaksimalkan laba atas investasi mereka.

Karena berada di bawah level seorang CEO, seorang COO, CMO, CFO, CTO, CSO, CCO, dan CKO dapat diangkat dan deberhentikan oleh CEO.

 

0 CommentsClose Comments

Leave a comment